PENGERTIAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR

Daftar Isi [Tampilkan]

PENGERTIAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR - Hallo sahabat BlackandGold, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PENGERTIAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TentangPendidikan Non Formal, yang kami tulis ini dapat anda dipahami. baiklah, selamat membaca.



#: PENGERTIAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR
#: PENGERTIAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR

Baca juga

PENGERTIAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR

Visiuniversal----Pendidikan keaksaraan dasar yang merupakan salah satu program dalam rangka mengentaskan buta aksara di tanah air, sejauh ini telah dilaksanakan oleh beberapa daerah di seluruh Indonesia. Pendidikan keakasaraan dasar merupakan program pendidikan nonformal yang memfokuskan pada program pembelajaran untuk warga belajara atau peserta didik dengan menyelenggarakan pembelajaran untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan berbahasa IndonesiaBerikut pengertian dan latar belakang pendidikan keaksaraan dasar tersebut;

Latar Belakang Pendidikan keaksaraan dasar

Adanya pendidikan keaksaraan dasar ini setidaknya dilatar belakangi oleh beberapa hal yaitu :
1. Penduduk buta aksara di Indonesia pada tahun 2012 usia 15 sampai dengan 59 tahun berjumlah 6.401.522 orang. Dari jumlah tersebut sebagian besar tinggal di daerah pedesaan dengan pekerjaan sederhana yang beragam seperti petani kecil, buruh, nelayan dan kelompok masyarakat miskin perkotaan yaitu buruh berpenghasilan rendah atau penganggur. Mereka tertinggal dalam hal pengetahuan, keterampilan serta sikap mental pembaharuan dan pembangunan. Akibatnya, akses terhadap informasi dan komunikasi yang penting untuk membuka cakrawala kehidupan dunia juga terbatas karena mereka tidak memiliki kemampuan keaksaraan yang memadai.

2. Dari kondisi tersebut masih terdapat 27 kabupaten yang jumlah bukat aksaranya di atas 50.000 orang. Hal ini mengakibatkan indeks pembangunan manusia (Human Development Index) Indonesia tergolong rendah. Oleh karena itu, pemerintah berupaya mengurangi jumlah penduduk buta aksara usia 15 tahun ke atas (prioritas usia 15 - 59 tahun) di daerah tersebut, melalui program pendidikan keaksaraan dasar.

Dasar Hukum Pendidikan keaksaraan dasar

Pendidikan Keaksaraan Dasar ini keberadaannya didasari oleh beberapa peraturan perundang-undangan sebagai berikut :
  1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentan sistem Pendidikan Nasional  
  2. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbnukaan Informasi Publik;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2004 tentang Pendanaan Pendidikan
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standa Nasional Pendidikan 
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentan Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  6. Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2011 tentang percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat.
  7. Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2006 tentang Gerakan Nasional Percepatan Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun dan Pemberantasan Buta Aksara (GNP-PWB/PBA 
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2006 tetang Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Percepatan Penuntasan Wajib belajar Pendidikan Dasar sembilan tahun dan Pemberantasan Buta Aksara (GNP-PWB/PBA).
  9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2010, tentan Renstra Pembangunan Pendidikan Nasional Tahun 2010 s.d 2014.
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2013 tentang pedoman umum pengelolaan dan pertanggungjawaban belanja Bantuan Sosial  di Lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  11. Permendikbud Nomor 81 tahun 2013 tentang Satuan Pendidikan Nonformal 
  12. Komitmen Internasional :
  • a. Deklarasi Dunia Tahun 1997 tentang pendidikan orang dewasa atau Confintea V, Adult Education, The Hamburg Declaration - the Agenda for the Future;
  • b. Kerangka Aksi Dakar Pendidikan untuk Semua - PUS (The Dakar Fremwork for Action on Education for All);
  • c. Tujuan Pembangunan Milenium (Milenium Development Goals - MDG's); 
  • d. Dasawarsa Pendidikan untuk Pembangunan Bekelanjutan PBB (United Nations Decade of Education for Sustainable Development) 2004-2014.


Pengertian Program Pendidikan Keaksaraan Dasar

1. Pendidikan keaksaraan Dasar adalah program pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pembelajaran untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan berbahasa Indonesia dengan kandungan nilai fungsional bagi upaya peningkatan kualitas hidup dan penghidupan peserta didiknya.

2. Pendidikan keaksaraan dasar adala progrma pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pembelajaran untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan membaca, menulis, berhitung dan berbahasa Indonesia sebagai persiapan untuk mengikuti pendidikan multi keaksaraan atau pendidikan keakasaraan usaha mandiri.

3. Pendidikan multikeaksaraan adalah program pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pembelajaran untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan berbahasa Indonesia yang disetarakan dengan sekolah dasar kelas III sebagai persiapan untuk mengikuti Program Paket A setara SD.

4. Pendidikan Keaksaraan Dasar adalah upaya peningkatan kemampuan keaksaraan penduduk dewasa berkeaksaraan rendah atau tuna aksara usia 15 tahun ke atas, prioritas usia 15 - 59 tahun agar memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan dan menggunakan Bahasa Indonesia, membaca, menulis dan berhitung, untuk mendukung aktivitas sehari-hari dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Pendididkan keaksaraan dasar merupakan pendidikan bagi warga masyarakat yang buta aksara latin agar mereka dapat membaca, menulis, berhitung, berbahasa Indonesia dan berpengetahuan dasar, yang memberikan peluang untuk aktualisasi potensi diri.



Grand Desain Pendidikan Keaksaraan :


Chard Grand Desain Pendidikan Keaksaraan
Sumber  Gambar : Direktorat PAUD dan Dikmas Kemdikbud


Tujuan Program Pendidikan Keaksaraan Dasar

  1. Memberikan layanan Pendidikan kepada Warga masyarakat usia 15 (lima belas) tahun ke atas dengan prioritas 15 - 59 tahun yang belum dapat membaca, menulis, berhitung dan/atau berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia.
  2. Memberikan kemampuan dasar membaca, menulis, berhitung, dan berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia, serta pengetahuan dasar kepada peserta didik yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
  3. Mempercepat penuntasan Penduduk Buta Aksara di Indonesia.

Demikian tentang pengertian dan latar belakang pendidikan keaksaraan dasar, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang pendidikan nonformal dan pendidikan masyarakat. terimakasih.

Baca juga Cara Mendirikan Kelompok Belajar Keaksaraan Dasar dan Ruang lingkup program pendidikan Keaksaraan dasar di sini !!



Demikianlah Artikel PENGERTIAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR

Sekianlah artikel PENGERTIAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.Jika berkenan Mungkin Kalian Dapat Membagikan Postingan Kami 😊


Anda sekarang membaca artikel PENGERTIAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR dengan alamat link https://www.bleedblackandgold.com/2017/12/pengertian-dan-latar-belakang.html
Lebih baru Lebih lama