PERMAIAN OLAHRAGA TRADISIONAL BALOGO KALIMANTAN

Daftar Isi [Tampilkan]

PERMAIAN OLAHRAGA TRADISIONAL BALOGO KALIMANTAN - Hallo sahabat BlackandGold, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PERMAIAN OLAHRAGA TRADISIONAL BALOGO KALIMANTAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TentangHobi Kegemaran, Artikel TentangPengetahuan Umum, Artikel TentangPenjaskes, Artikel TentangSosial Budaya, yang kami tulis ini dapat anda dipahami. baiklah, selamat membaca.



#: PERMAIAN OLAHRAGA TRADISIONAL BALOGO KALIMANTAN
#: PERMAIAN OLAHRAGA TRADISIONAL BALOGO KALIMANTAN

Baca juga

PERMAIAN OLAHRAGA TRADISIONAL BALOGO KALIMANTAN

Visiuniversal----Tahukah kalian, Indonesia nusantara yang memiliki beragam seni budaya ini, memiliki banyak sekali permainan dan olahraga tradisional yang unik dan menarik, salam satunya adalah permainan balogo. Balogo merupakan salah satu nama jenis permainan tradisional di Kalimantan, khususnya pada Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Nama Balogo diambil dari kata logo, yaitu bermain dengan menggunakan alat logo. 

Logo terbuat dari bahan tempurung kelapa dengan ukuran garis tengah sekitar 5-7 cm dan tebal antara 1-2 cm dan kebanyakan dibuat berlapis dua yang direkatkan dengan bahan aspal atau dempul supaya berat dan kuat. Bentuk alat logo ini bermacam-macam, ada yang berbentuk bidawang (bulus), biuku (penyu), segitiga, bentuk layang-layang, daun dan bundar. 



Dalam permainannya harus dibantu dengan sebuah alat yang disebut panapak atau kadang-kadang di beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan campa, yakni stik atau alat pemukul yang panjangnya sekitar 40 cm dengan lebar 2 cm. Fungsi panapak atau campa ini adalah untuk mendorong logo agar bisa meluncur dan merobohkan logo pihak lawan yang dipasang saat bermain. 

Permainan Balogo ini bisa dilakukan satu lawan satu atau secara beregu. Jika dimainkan secara beregu, maka jumlah pemain yang "naik" (yang melakukan permainan) harus sama dengan jumlah pemain yang "pasang" (pemain yang logonya dipasang untuk dirobohkan) Jumlah pemain beregu minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Dengan demikian jumlah logo yang dimainkan sebanyak jumlah pemain yang disepakati dalam permainan. 


Cara memasang logo ini adalah didirikan berderet ke belakang pada garis-garis melintang. Karenanya inti dari permainan Balogo ini adalah keterampilan memainkan logo agar bisa merobohkan logo lawan yang dipasang. Regu yang paling banyak dapat merobohkan logo lawan, mereka itulah pemenangnya. 

Yang unik dalam permainan balogo ini, untuk memenangkan permainan, ada pemain yang membacakan atau merapal sejenis mantra tertentu agar bisa memenangkan permainan. Mantera yang dikenal oleh masyarakat di Kalimantan Selatan ini dibaca oleh orang-orang yang sedang bermain logo, dengan tujuan agar logo lawan yang mengenai logo si pembaca mantera akan pecah atau retak. Dengan demikian si pembaca mantera akan memenangkan permainan

Permainan Balogo ini mengandung mitos sekaligus filosofi yang luhur sebagai tradisi permainan yang diwariskan nenek moyang Suku Dayak Kalimantan Tengah. Pada kehidupan masa lalu Suku Dayak di Kalimantan Tengah, permainan Balogo itu merupakan permainan yang dipercaya bisa mengukur tingkat kesuburan (keberuntungan) kehidupan mereka. Tradisi permainan Balogo ini memang ada hampir di seluruh wilayah Kalimantan Tengah kendati tidak diketahui jelas sejak kapan tradisi itu mulai berjalan. 

Untuk masyarakat Dayak di daerah Kalimantan Tengah dan sekitarnya, setelah menggelar upacara Tiwah, yang sama artinya dengan membuang harta. Untuk mengukur apakah kita masih memiliki rejeki setelah upacara Tiwah maka dimainkan Balogo. Dalam permainan ini secara tidak langsung terjadi proses penanaman nilai-nilai budaya, sehingga para pemain Balogo tertanam jiwa kejujuran, tidak egois, kerjasama, sikap kerja keras dan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan persoalan.

Demikian sekilas tentang Permainan dan olahraga balogo dari daerah Kalimantan Selatan ini semoga bermafaat. terimakasih.


Demikianlah Artikel PERMAIAN OLAHRAGA TRADISIONAL BALOGO KALIMANTAN

Sekianlah artikel PERMAIAN OLAHRAGA TRADISIONAL BALOGO KALIMANTAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.Jika berkenan Mungkin Kalian Dapat Membagikan Postingan Kami 😊


Anda sekarang membaca artikel PERMAIAN OLAHRAGA TRADISIONAL BALOGO KALIMANTAN dengan alamat link https://www.bleedblackandgold.com/2018/01/permaian-olahraga-tradisional-balogo.html
Lebih baru Lebih lama