INILAH PENYEBAB COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) DAN CARA MUDAH MENGATASINYA

Daftar Isi [Tampilkan]

INILAH PENYEBAB COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) DAN CARA MUDAH MENGATASINYA - Hallo sahabat BlackandGold, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul INILAH PENYEBAB COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) DAN CARA MUDAH MENGATASINYA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TentangBahan Belajar, Artikel TentangPendidikan Non Formal, Artikel TentangPengembangan Diri, Artikel TentangPenjaskes, Artikel TentangSegala Cara, Artikel TentangTeknologi, Artikel TentangTIK Komputer, yang kami tulis ini dapat anda dipahami. baiklah, selamat membaca.



#: INILAH PENYEBAB COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) DAN CARA MUDAH MENGATASINYA
#: INILAH PENYEBAB COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) DAN CARA MUDAH MENGATASINYA

Baca juga

INILAH PENYEBAB COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) DAN CARA MUDAH MENGATASINYA

Visiuniversal----Para Siswa dan Wargabelajar sekalian, berbicara masalah kesehatan terkait dengan penggunaan media teknologi dan informatika, khususnya penggunaan komputer ternyata perlu juga kita waspadai bahayanya terhadap kesehatan kita. Penggunaan Komputre/Nootebook dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan resiko pada mata kita, yang sering dikenal dengan istilah Computer Vision Syndrome (CVS). Beberapa gejala dari CVS antara lain sebagai berikut: Sakit kepala, Mata perih, Mata merah, kerusakan mata, Lelah, bahkan ada  ditemukan dibeberapa kasus Computer Vision Syndrome (CVS) yang menyebabkan kebutaan.

Seperti yang dirilis oleh p2ptm.kemkes RI bahwa Computer Vision Syndrome (CVS) adalah: Sekumpulan gejala pada mata dan leher yang disebabkan oleh penggunaan komputer/layar monitor yang berlebihan. Gejala ini biasanya meliputi nyeri pada leher dan mata.


Gejala yang umum dialami oleh penderita Computer Vision Syndrome (CVS):
  • Mata menjadi buram
  • Nyeri kepala
  • Iritasi mata
  • Penglihatan menjadi ganda
  • Mata merah & kering



Cara Mengatasi Computer Vision Syndrome (CVS)

Berikut inilah cara mudah dan ampuh untuk mencegah Computer Vision Syndrome (CVS) seperti dikutip dari Boldsky.com: 

1. Membasuh wajah sekaligus mata 

Bekerja terlalu lama menggunakan komputer mungkin sulit dihindari. Tetapi, jangan biarkan mata Anda mengalami ketegangan terus menerus karena menatap layar komputer.  Istirahat sebentar, lalu basuhlah wajah dengan air, setidaknya setiap dua jam sekali. Dengan begitu, mata menjadi terasa segar kembali. 

2. Lepaskan pandangan setelah 20 menit 

Saat bekerja menggunakan komputer, sesekali lepaskanlah pandangan langsung ke layar. Setelah 20 menit menatap layar, Anda bisa melihat benda-benda di sekitar ruangan kerja. Lakukan selama 20 detik, kemudian kembali menatap layar komputer. 

3. Menjaga jarak pandang 

Biasakan jangan terlalu dekat menatap layar komputer Anda. Ada jarak aman tertentu untuk menatap layar komputer.  Jagalah jarak pandang setidaknya 12-15 inci dari layar komputer. 

4. Pakai mentimun 

Nah, ketika di rumah, kurangi stres dan menenangkan mata dengan irisan mentimun. Potong mentimun, kemudian tutupi mata dengan irisan mentimun tersebut selama beberapa menit. Setelah dibuka, mata akan rileks dan kembali segar. 

5. Gunakan kacamata khusus 

Ada kacamata khusus anti-silau dan radiasi yang bisa digunakan untuk menghalau paparan sinar biru dari layar komputer dan gadget. Cobalah konsultasi ke dokter mata untuk mendapatkannya. Agar tidak silau dan terhindar dari radiasi, Anda juga bisa mengatur cahaya di komputer. 

6. Gunakan lampu terang 

Bekerja dalam kegelapan menggunakan komputer tidak disarankan, karena mata akan bekerja keras sehingga cepat kelelahan dan stress. Gunakanlah lampu yang cukup terang ditempat anda bekerja. 

7. Pelembab mata 

Gunakan tetes mata untuk menjaga kelembaban dn kesehaatan mata. Selain itu juga tetes mata bisa untuk mengurangi peradangan, iritasi, dan kemerahan pada mata. Tetapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata untuk penggunaan pelembab mata yang tepat untuk menghindari  Computer Vision Syndrome (CVS) ini.


Demikianlah tetang penyebab Computer Vision Syndrome (CVS) yang berbahaya untuk kesehatan mata, agar kiranya kita selalu berhati-hati dalam penggunaan media teknologi. Terimakasih. Semoga sukses selalu.


Source : Boldsky.com, p2ptm.kemkes.go.id.  

Sumber Gambar: Direktorat P2PTM; www.p2ptm.kemkes.go.id 



Demikianlah Artikel INILAH PENYEBAB COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) DAN CARA MUDAH MENGATASINYA

Sekianlah artikel INILAH PENYEBAB COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) DAN CARA MUDAH MENGATASINYA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.Jika berkenan Mungkin Kalian Dapat Membagikan Postingan Kami 😊


Anda sekarang membaca artikel INILAH PENYEBAB COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) DAN CARA MUDAH MENGATASINYA dengan alamat link https://www.bleedblackandgold.com/2019/01/inilah-penyebab-computer-vision.html
Lebih baru Lebih lama