MOTIVASI BERPRESTASI DAN KERJASAMA TIM DALAM BERWIRAUSAHA

Daftar Isi [Tampilkan]

MOTIVASI BERPRESTASI DAN KERJASAMA TIM DALAM BERWIRAUSAHA - Hallo sahabat BlackandGold, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MOTIVASI BERPRESTASI DAN KERJASAMA TIM DALAM BERWIRAUSAHA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TentangBahan Belajar, Artikel TentangBahan Kesetaraan, Artikel TentangLife Skill, Artikel TentangPendidikan Non Formal, Artikel TentangPengembangan Diri, Artikel TentangPengetahuan Umum, yang kami tulis ini dapat anda dipahami. baiklah, selamat membaca.



#: MOTIVASI BERPRESTASI DAN KERJASAMA TIM DALAM BERWIRAUSAHA
#: MOTIVASI BERPRESTASI DAN KERJASAMA TIM DALAM BERWIRAUSAHA

Baca juga

MOTIVASI BERPRESTASI DAN KERJASAMA TIM DALAM BERWIRAUSAHA

Visiuniversal---Warga belajar dan para siswa sekalian, dalam pembahasan tentang program-program pendidikan luar sekolah, kursus dan pelatihan, khususnya tentang program life skill, kali ini kita akan melihat tentang bagaimana sebuah motivasi berprestasi dan kerjasama tim dalam berwirausaha itu penting sekali. Karena seseorang yang bekerja sebagai wirausaha (entrepreneurship) memerlukan sekali konsep motivasi dalam berprestasi ini. Marilah kita simak artikel ringkas di bawah ini;

A. Pengertian Motivasi Berprestasi

Motivasi merupakan dorongan untuk berbuat sesuatu yang mengarahkan perilaku individu untuk mencapati tujuan. Sedangkan motivasi berprestasi adalah menerapkan standar kinerja dan standa kesempurnaan yang tinggi, mendorong orang lain dan diri sendiri untuk berprestasi, mencapai,  bahkan melebihi sasaran yang ditetapkan. Motivasi dalam suatu perbuatan memegang peran sangat penting. Lemahnya upaya yang dikerahkan seseorang dalam mengerjakan sesuatu sangat ditentukan oleh motivasinya. Oleh karena itu, mengetahui dan membina motivasi yang benar adalah suatu keharusan bagi siapa saja yang ingin meraih keberhasilan. Demikian pula dalam berwirausaha. Dalam berwirausaha dibutuhkan semangat dan motivasi yang tinggi. Motivasi ini menjadi pendorong yang kuat bagi wirausaha untuk mencapai hasil yang baik. Motivasi berprestasi menjadi tanda bagi wirausahawan bahwa ia tidak mudah menyerah dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


Seseorang yang memiliki motivasi berprestasi dapat dicirikan oleh beberapa hal, sebagai berikut:

a. Segi kognisi:
1) Menyelesaikan tugas sebaik mungkin
Menyelesaikan tugas sebaik-baiknya merupakan sebuah keberhasilan. Dan keberhasilan adalah sebuah prestasi, sehingga seseorang yang memiliki motivasi berprestasi akan selalu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

2. Bekerja tidak atas dasar spekulasi

3. Berfikir dan berorientasi kedepan
Berorientasi ke depan, berarti melakukan prencanaan dan berpikir ke depan. Seseorang yang berorientasi ke depan mencari dan mengantisipasi kemungkinan yang terjadi jauh di masa depan.

4. Lebih mementingkan prestasi daripada upah
Seseorang yang memiliki motivasi berprestasi kadangkala mengesampingkan penghasilan atau upah. Bagi mereka, prestasi adalah sebuah keberhasilan dan kebanggaan, yang tidak dapat diukur dengan uang.

5. Realistik menilai dirinya

6. Tidak konsumtif, melainkan produktif

b. Segi konasi:
1) Semangat, kerja keras penuh vitalitas
2) tidak gampang menyerah
3) Tidak lupa diri bila mendapat pujian
4) Dengan senang hati menerima
5) Senang pada tugas-tugas yang menantang.

c. Segi Afeksi:
1) Gembira manakala memenangkan persaingan
2) Belajar dari pekerjaan sebelumnya
Pekerjaan sebelumnya dijadikan pengalaman, sehingga apapun pengalaman yang dimiliki menjadi guru yang terbaik.
3) Senang bekerja dalam suasana bersaing
Pesaing budkan dianggap sebagai penghalang, tetapi justru menjadi tantangan untuk memenangkan pertandingan.

4) menyesal dan kecewa kalau hasil kerjanya jelek

5) Memperhitungkan resiko dengan cermat
Motivasi untuk meraih prestasi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi suntuk meraih prestasi antara lain :
a. Menjadi yang terbaik
Menjadi yang terbaik yaitu menjadi seseorang yang paling baik di atara lainnya

b. hasil yang terbaik 
Yaitu menginginkan hasil yang paling baik yang dapat dicapai

c. Meraih cita-cita
Cita-cita dapat dijadikan pendorong untuk berprestasi, sehingga seseroang bekerja keras dalam rangka mencapai cita-citanya.

d. Mengoptimakan potensi
seseorang yang memiliki potensi dan menyadari potensi dirinya harus dikembangkan akan menjadi pendorong untuk meraih prestasi.

e. Meraih prestise/kebanggaan

f. Optimis bahwa kita bisa

g. Puas

h. Niat yang baik

i. Membuktikan bahwa kita bisa.

Beberapa hal pentong yang harus dilakukan untuk meraih prestasi antara lain;
a. Menetapkan tujuan-tujuan yang menantang
menetapkan tujuan yang menantang akan meningkatkan semangat, dibandingkan tujuan yang biasa-biasa saja.

b. Bekerja secara kontinyu untuk mencapai sasaran

c. Mempengaruhi penetapan prioritas tim untuk menyelesaikan pekerjaan tim
Anggota tim yang terlibat harus dikondisikan untuk bekerja sesuai prioritas, sehingga prestasi dapat dicapai.

d. Mengindentifikasi tindakan-tindakan untuk meningkatkan kinerja tim. 
Yaitu menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan, sehingga dapat meningkatkan kinerja tim. Kinerja yang bagus akan memudahkan tim untuk meraih prestasi.

e. Menjaga agar tim tetap fokus pada pencapaian target

f. Mendorong anggota tim menjadi yang terbaik.
Mendorong anggota tim menjadi yang terbaik, menyebabkan setiap anggota akan berusaha memberikan yang terbaik untuk mencapai sukses bersama.

B. Kerjasama Tim

Kerjasama sangat penting untuk mencapai keberhasilan. Begitu pula dengan aktivitas berwirausaha dalam bidang yang telah ditentukan. Seorang wirausahawan harus memfokuskan kekompakan aktivitas pada bisnis yang digelurinya termasuk membangun jaringan dan kerjasama dengan orang=orang di sekitarnya.

syarat/hukum kerjasama tersebut antara lain:

1) Nilai kerjasama
Seseorang tidak akan menjadi besar dan berhasil ketika orang itu bekerja sendiri. Oleh karena itu diperlukan kerjasama tim.

2) Memmperhitungkan tujuan
Memperhitungkan tujuan akhir dari kerjasama yaitu manfaat yang diperoleh dari kerjasama tim.

3) Posisi yang tepat
Setiap orang dalam tim memiliki porsi tugasnya masing-masing sesuai dengan kemampuannya, sehingga setiap orang dalam tim dapat memberikan kontribusi maksimal.

4) Semakin tinggi tantangannya, semakin tinggi kebutuhan kerjasamanya

5) Setiap orang dalam tim memiliki kedudukan yang sama, baik pimpinan maupun karyawan mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberhasilan kerjasama.

6) Kerjasama tim dikatakan berhasil ketika tim tersebut berisi orang-orang yang kuat dan memiliki komitmen, sehingga pekerjaan dapat terselesaikan meskipun bekerja di bawah tekanan.

7) Dalam bekerja sama sangat dibutuhkan visi mengenai tujuan kerjasama. Visi ini akan memberikan arah serta kepercayaan diri kepada anggota tim.

8) Setiap anggota tim harus berkerja secara fair dan menghindarkan diri dari sikap yang mementingkan diri sendiri.

9) Rekan-rekan tim harus dapat saling diandalkan dalam soal-soal penting.

10) Ada biaya yang harus dipenuhi jika kerjasama tim ingin berhasil. Selain itu ada konsekuensi yang harus dihadapi jika ingin mencapai tujuan, misalnya meninggalkan keegoisan, menangsendiri, dan lain-lain.

11) Ada nilai-nilai bersama yang harus dijunjung tinggi bersama oleh anggota tim, yang dapat membuat kerjasama tim berhasil.

12) Ada nilai-nilai bersama yang harus dijunjung bersama oleh anggota tim, yang dapat membuat kerjasama tim berhasil

13) Interaksi mendorong diambilnya tindakan. Komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan dalam setiap kerjasama . Berdasarkan komunikasi dapat diketahui masalah, dan segera dapat dicarikan solusinya.

14) Kepemimpinan yang baik akan membawa tim menuju keberhasilan

15) Keberhasilan yang dicapai tim merupakan obat dari perjuangan yang dilakukan anggota

16) Investasi dalam tim akan berkembang dengan berjalannya waktu.


C. RANGKUMAN

Motivasi merupakan dorongan untuk berbuat sesuatu yang mengarahkan perilaku individu untuk mencapai tujuan. Sedangkan motivasi berprestasi adalah menerapkan standar kinerja dan standar kesempurnaan yang tinggi, mendorong orang lain dan diri sendiri untuk berprestasi, mencapai, bahkan melebihi sasaran yang ditetapkan. Dalam berwirausaha dibutuhkan semangat atau motivasi yang tinggi. Motivasi berprestasi ini menjadi pendorong yang kuat bagi wirausaha untuk mencapai hasil yang baik. Motivasi berprestasi menjadi tanda bagi wirausahawan bahwa dia tidak mudah menyerah dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam berwirausaha dibutuhkan kerjasama agar tercapai keberhasilan. Seseorang wirausaha harus memfokuskan aktivitas pada bisnis yang digelutinya termasuk membangun jaringan dan kerjasama dengan orang-orang di sekitarnya. Seseorang wirausaha tidak akan dapat bekerja sendiri tanpa keterlibatan timnya atau pihak-pihak lainya sebagai mitra yang solid. 


Demikian artikel tulisan singkat tentang motivasi berprestasi dan kerjasama tim dalam berwirausaha, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang kewirausahaan. terimakasih. Wassalam...





Demikianlah Artikel MOTIVASI BERPRESTASI DAN KERJASAMA TIM DALAM BERWIRAUSAHA

Sekianlah artikel MOTIVASI BERPRESTASI DAN KERJASAMA TIM DALAM BERWIRAUSAHA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.Jika berkenan Mungkin Kalian Dapat Membagikan Postingan Kami 😊


Anda sekarang membaca artikel MOTIVASI BERPRESTASI DAN KERJASAMA TIM DALAM BERWIRAUSAHA dengan alamat link https://www.bleedblackandgold.com/2019/02/motivasi-berprestasi-dan-kerjasama-tim.html
Lebih baru Lebih lama