INILAH PERKEMBANGAN SETRIKA PAKAIAN JADUL HINGGA MODERN

Daftar Isi [Tampilkan]

INILAH PERKEMBANGAN SETRIKA PAKAIAN JADUL HINGGA MODERN - Hallo sahabat BlackandGold, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul INILAH PERKEMBANGAN SETRIKA PAKAIAN JADUL HINGGA MODERN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TentangBahan Belajar, Artikel TentangPengetahuan Umum, Artikel TentangSejarah, yang kami tulis ini dapat anda dipahami. baiklah, selamat membaca.



#: INILAH PERKEMBANGAN SETRIKA PAKAIAN JADUL HINGGA MODERN
#: INILAH PERKEMBANGAN SETRIKA PAKAIAN JADUL HINGGA MODERN

Baca juga

INILAH PERKEMBANGAN SETRIKA PAKAIAN JADUL HINGGA MODERN

Inilah Perkembangan Setrika Pakaian Jadul hingga Modern

Visiuniversal - Para siswa dan warga belajar sekalian, tahukah kalian Setrika atau gosokan penghalus pakaian yang sering digunakan sebagai alat untuk merapikan dan menghaluskan pakaian ternyata memiliki sejarah yang panjang. Dimulai dari setrika jadul hingga setrika modern berbasis listrik seperti yang kita kenal seperti sekarang ini. Admint visiuniversal mengumpulkan dari berbagai sumber dan meringkas tentang sejarah setrika pakaian seperti berikut ini  :


Setrika Flat Iron

Diyakini setrika pertama kali adalah setrika yang menggunakan flat iron. berupa lempengan baja yang sering dipanaskan terlebih dahulu sebelum dipakai.

Setelah penemuan setrika flat iron, perkembangan setrika masih terus berlanjut untuk menyempurnakan bentuk dan bahannya.

Jadi Seperti apa, ya, perkembangan setrika selanjutnya setelah flat iron?.


Setrika Arang

Karena flat iron dianggap kurang efisien, pada abad ke-15 dilakukan perbaikan pada bentuk setrika, menjadi seperti kotak besi yang memiliki rongga di dalamnya, rongga tersebut diisi dengan pemanas seperti arang yang sudah dipanaskan sebelumnya.

Bagian atas setrika ini memiliki pegangan untuk menggerakkan setrika, sedangkan bagian bawahnya berupa logam yang halus.

Setrika Arang Jadul - Gambar: indoborneonatural.com

Dengan menggunakan setrika ini, maka menghilangkan penggunaan kain untuk mencegah kain menjadi hitam, karena bagian bawah setrika tidak memiliki jelaga hitam yang bisa mengotori pakaian.

Setrika dengan rongga yang bisa diisi arang inipun kemudian digunakan selama ratusan tahun di berbagai negara.


Setrika Sad Iron

Generasi setrika selanjutnya setelah setrika arang, sekitar abad ke-17 ditemukan setrika baru yang berbentuk sepotong besi tebal dengan permukaan yang rata dan memiliki pegangan besi.

Berbeda dengan setrika arang, sad iron harus dipanaskan dulu sebelum digunakan dan proses pemanasan bisa dilakukan di depan perapian atau kompor.

Karena terbuat dari besi yang sangat tebal, sad iron tidak perlu dipanaskan berulang-ulang di dalam api. Cukup di atas tungku, sehingga pakaian tidak menjadi hitam karena jelaga.

Sayangnya, ketika setrika dipanaskan, pegangannya yang terbuat dari besi juga ikut menjadi panas, nih, teman-teman.

Kelemahan lain yang dimiliki oleh setrika ini adalah beratnya yang mencapai 5,6 kilogram dan sulit dipindahkan, sehingga membuat setrika ini disebut sad iron.


Setrika Mary

Seorang ibu rumah tangga bernama Mary Florence Potts dari Iowa mengembangkan setrika yang disebut setrika cetak pada 1870.

Setrika cetak yang dibuat oleh Ibu Mary ini adalah pengembangan dari setrika sad iron yang kemudian kedua ujungnya dibuat runcing agar lebih mudah saat digunakan untuk menyetrika.

Pada waktu itu penemuan setrika cetak ala Ibu Mary ini juga dianggap sebagai penemuan yang brilian, Ibu Mary juga membuat setrikanya memiliki pegangan yang bisa dilepaskan ketika dipanaskan.

Hal ini bertujuan agar pegangan besi tidak menjadi panas seperti sad iron ketika dipanaskan sebelum digunakan untuk menyetrika.


Setrika Listrik

Penemuan setrika listrik dipercaya dipatenkan pertama kali oleh seorang Amerika bernama Henry W. Seely pada 1882 yang rancangannya dikembangkan setahun sebelumnya.

Setrika listrik ini adalah model setrika listrik dengan permukaan datar yang dipanaskan dengan menggunakan bahan bakar listrik sebelum digunakan.

Setrika Listrik Jadul - Gambar: Google

Namun sayangnya, setrika ini masih memiliki beberapa kelemahan, teman-teman, yaitu membutuhkan waktu lama untuk dipanaskan, tapi sangat cepat menjadi dingin.

Selain itu, pada masa tersebut belum banyak orang yang menggunakan listrik di rumahnya, sehingga tidak semua orang bisa menggunakan setrika listrik.


Hotpoint

Setelah ditemukan setrika listrik, dilakukan beberapa penyempurnaan. Salah satunya oleh Earl Holmes yang memperkenalkannya ke masyarakat pada 1905.

Setrika listrik milik Earl Holmes memiliki pengatur elemen pemanas yang memusatkan titik panas pada ujung setrika.

Hal ini dikatakan bisa membuat proses penyetrikaan baju menjadi lebih baik dan lebih halus.

Karena proses pemanasan yang dimiliki oleh setrika hotpint inilah, setrika tersebut menjadi setrika pertama yang sangat sukses dan resmi dinamakan setrika hotpoint pada 1907.


Setrika Termostat

Perkembangan selanjutnya, jika kita perhatikan, setrika jaman sekarang yang ada di rumah, bagian atasnya pasti memiliki kenop berbentuk bulat yang bisa diputar dan bertuliskan angka-angka yang merupakan suhu.
Setrika Listrik Trmostat - Gambar: Google
Setrika tersebut disebut dengan setrika termostat dan ditemukan oleh Koseph Myers dari The Silex Company yang memperbaiki setrika dan kabelnya dengan menambahkan kontrol panas atau termostat yang terbuat dari perak murni.

Setelah itu, termostat menjadi fitur standar yang ada pada setiap setrika dan tetap digunakan pada setrika hingga sekarang, nih, teman-teman.


Setrika Uap

Tips menyetrika, agar pakaian lebih mudah menjadi halus, cara yang dilakukan adalah dengan sedikit membasahinya sehinga pakaian menjadi agak basah atau lembab.

Nah, dulu orang-orang akan memercikkan air ke pakaian atau menyetrika pakaian saat masih dalam keadaan lembap.

Inilah sebabnya Thomas Sears menciptakan setrika uap yang bisa melembapkan pakaian ketika disetrika sehingga tidak perlu memercikkan air ke pakaian lagi sebelum disetrika.

Setrika Listrik Uap - Gambar: Google

Setrika uap memiliki lubang kecil di dasar permukaan setrika yang bisa mengeluarkan uap dari air yang diisi melalui tangki air yang berada di badan setrika.

Menurut sejarahnya, setrika uap mulai digunakan secara luas sekitar tahun 1940-an dan 1950-an.

Wah, meskipun ukurannya lebih kecil dibandingan peralatan lainnya yang ada di rumah, ternyata setrika merupakan barang yang sangat penting di rumah dan memiliki sejarah penggunaan yang panjang.

Demikian tentang Perkembangan Setrika pakaian dari setrika Jaman dulu. Semoga bermanfaat sebagai bahan pengetahun bagi kita semua. terimakasih sudah berkunjung di blog visiuniversal ini.



Demikianlah Artikel INILAH PERKEMBANGAN SETRIKA PAKAIAN JADUL HINGGA MODERN

Sekianlah artikel INILAH PERKEMBANGAN SETRIKA PAKAIAN JADUL HINGGA MODERN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.Jika berkenan Mungkin Kalian Dapat Membagikan Postingan Kami 😊


Anda sekarang membaca artikel INILAH PERKEMBANGAN SETRIKA PAKAIAN JADUL HINGGA MODERN dengan alamat link https://www.bleedblackandgold.com/2020/02/inilah-perkembangan-setrika-pakaian.html
Lebih baru Lebih lama