CARA MEMBUAT DAN MEMBANGUN KELAS VIRTUAL MEDIA DARING

Daftar Isi [Tampilkan]

CARA MEMBUAT DAN MEMBANGUN KELAS VIRTUAL MEDIA DARING - Hallo sahabat BlackandGold, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MEMBUAT DAN MEMBANGUN KELAS VIRTUAL MEDIA DARING, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TentangAplikasi Pendidikan, Artikel TentangBahan Belajar, Artikel TentangMateri Pelajaran, Artikel TentangPembelajaran, Artikel TentangPengetahuan Umum, Artikel TentangTeknologi, Artikel TentangTIK Komputer, yang kami tulis ini dapat anda dipahami. baiklah, selamat membaca.



#: CARA MEMBUAT DAN MEMBANGUN KELAS VIRTUAL MEDIA DARING
#: CARA MEMBUAT DAN MEMBANGUN KELAS VIRTUAL MEDIA DARING

Baca juga

CARA MEMBUAT DAN MEMBANGUN KELAS VIRTUAL MEDIA DARING

Visiuniversal---Ada yang mendadak harus jaga jarak, mendadak harus sering cuci tangan, mendadak harus jadi guru, mendadak harus daring, mendadak berdiam diri di rumah, dan mendadak2 lainnya, hal-hal yang selama ini belum pernah dilakukan.

Itulah jargon-jargon yang muncul sebagai akibat dari pandemik covid-19 yang melanda dunia dan memaksa orang-orang untuk melakukan hal di luar kebiasaan selama ini. Di semua bidang kehidupan, para pegawai yang harus diliburkan, meskipun bukan berarti libur yang sesungguhnya, karena mereka tetap harus Belajar dari Rumah. 

Tak terkecuali dunia pendidikan, dari jenjang perguruan tinggi, pendidikan menengah, pendidikan dasar hingga pendidikan anak usia dini. Kampus-kampus tutup, dosen dan mahasiswa berkomunikasi dan belajar jarak jauh, sekolah-sekolah juga harus ditutup, lokasibelajar dialihkan untuk dilakukan dari rumah masingmasing, melibatkan para orang tua. Semua harus dilakukan berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 yang menetapkan aturan belajar dari rumah (learn from home) atau belajar dari rumah (BDR) bagi para peserta didik/siswa sekolah dan bekerja dari rumah (work from home/WFH) bagi guru.

Penerapan edaran tersebut, memaksa semua pihak harus beradaptasi dengan kebaruan dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Mengubah strategi dan metode KBM, dari yang konvesional dibatasi dinding dan ruang, menjadi prose KBM secara jarak jauh melalui online atau dalam jaringan (daring). 

Salah satu metode yang banyak diterapkan adalah dengan menggunakan aplikasi video conference. Sejalan dengan itu maka penggunaan aplikasi belajar jarak jauh menjadi kebutuhan baru yang tak terhindarkan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang selama ini sudah lekat bdengan keseharian akan berubah dan bergeser secara
drastis. 

Smartphone tidak sekadar untuk berkomunikasi, bermedia sosial sebagaimana lazimnya, kini bertambah fungsi menjadi sarana belajar, bahkan di sebagian daerah menjadi utama. Banyak cara ditempuh, beragam aplikasi dicobaterapkan, semisal aplikasi video conference Zoom yang menjadi tren tersendiri. Meskipun bukan satusatunya, tetapi Zoom menempati posisi teratas dalam penggunaannya di Iselama pandemik covid-19. Selain Zoom, beberapa aplikasi yang menyediakan layanan video conference, ada Cisco Webex Meeting, GoogleHangouts, Google Meet, Skype, dll.


Apa itu kelas virtual? Kelas virtual atau disebut juga kelas maya adalah “ruang” tempat bertemunya pendidik (guru/tutor/instruktur) dan peserta didik secara virtual
menggunakan aplikasi berbasis jaringan (internet/intranet). Beberapa aplikasi kelas virtual sudah ada sebelum pandemik covid-19 merebak. Antara lain Google Classroom, Edmodo, Microsoft Teams, dan lainlain. Bahkan belakangan bermunculan aplikasi lokal seperti RuangGuru, Rumah Belajar, dan masih banyak lg lainnya.

Untuk semua sistem/aplikasi Video Conference, berikut adalah spesifikasi minimal atau sekurang-kurangnya perangkat yang dibutuhkan.

1. Komputer

CARA MEMBUAT DAN MEMBANGUN KELAS VIRTUAL MEDIA DARING


PC Desktop Processor Intel Core2 Duo CPU
2.XX GHz atau AMD Processor dan RAM 512 MB
(Rekomendasi: RAM 2 GB)
Webcam USB / Terintegrasi

Sistem Operasi:
Windows (2003 Server, Vista 32-bit/64-bit, Minimal
Windows 7 32-bit/64-bit atau yang lebih baru).
Mac OS (Minimal versi 10.6, atau yang lebih baru)
Linux (Ubuntu 10x and 11x (Gnome), Red Hat 5, 6,
Open SuSE 11.4 Fedora 15, 16 (all 32-bit))

Browser:
Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, Google
Chrome, Microsoft edge (Usahakan versi terbaru).
Koneksi Internet
Koneksi minimal untuk melakukan video conference
adalah 512 Kbps.
SMS gateway (optional)

2. Mobile Devices / Smartphone

CARA MEMBUAT DAN MEMBANGUN KELAS VIRTUAL MEDIA DARING

Dual Core CPU untuk sharing video

Sistem Operasi
Android OS 4.1+ atau versi yang terbaru
Merk HP yang sudah ditest dan berjalan lancar:
• Samsung Galaxy Series: S8, S7, S6, S5
• Samsung Note Series: Note5, Note4, Note3
• Samsung Tab Series: Pro, S2, N8xx
• Sony Xperia X Series: XZ, X Compact, X, X performance
• Sony Xperia Z Series: Z5, Z3
• Sony Xperia Tablet Series: Tablet Z4, Z3, Z2, Z
• Google Nexus Series: 6P, 5X, N10, N7+, N5, N4
• Google Pixel
• LG G Series: G4, G3
• HTC One Series: M8
• Blackberry Series: Priv, DTEK50
• Huawei: P10, P9, Mate 9
• Xiaomi: Mix, 5, 4, 3, 2S, 2 (Semua HP Android produksi 2016 s.d. seri terbaru sudah mendukung kebutuhan video conference/vicon).

Dan, hal yang penting adalah, semua perangkat harus:
Terkoneksi dengan Internet dan memiliki aplikasi vicon yang
sudah diinstal (baik di PC maupun Mobile Devices).

Baca juga Cara Membuat Kelas Virtual dengan Media Daring Aplikasi Zoom di sini!!

Sumber: Panduan Media Daring Direktorat PAUD Kemdikbud 2020.


Demikianlah Artikel CARA MEMBUAT DAN MEMBANGUN KELAS VIRTUAL MEDIA DARING

Sekianlah artikel CARA MEMBUAT DAN MEMBANGUN KELAS VIRTUAL MEDIA DARING kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.Jika berkenan Mungkin Kalian Dapat Membagikan Postingan Kami 😊


Anda sekarang membaca artikel CARA MEMBUAT DAN MEMBANGUN KELAS VIRTUAL MEDIA DARING dengan alamat link https://www.bleedblackandgold.com/2020/04/cara-membuat-dan-membangun-kelas.html
Lebih baru Lebih lama