MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ZOOM

Daftar Isi [Tampilkan]

MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ZOOM - Hallo sahabat BlackandGold, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ZOOM, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TentangPengertian, Artikel TentangTeknologi, Artikel TentangTIK Komputer, yang kami tulis ini dapat anda dipahami. baiklah, selamat membaca.



#: MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ZOOM
#: MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ZOOM

Baca juga

MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ZOOM

Visiuniversal---Mengenal Media Pembelajaran Aplikasi Zoom. Zoom Video Communications, Inc. ( Zoom ) merupakan aplikasi buatan Amerika yang menyediakan layanan video-telephony dan chat online melalui platform perangkat lunak, menjadi banyak digunakan pada saat presentasi atau pada saat diskusi mengenai materi pembelajaran selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), daring berlangsung. 

Aplikasi Zoom mengalami peningkatan pengguna dikarenakan adanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sebelumnya pengguna aktif 2019 yang berjumlah 1,99 juta pengguna, kemudian Pada Februari 2020 Zoom telah memperoleh 2,22 juta pengguna yang kemudian pada hari ini 29 april 2020 zoom telah di download pada lebih dari 100 juta pengguna. Peningkatan pengguna disebabkan oleh banyaknya  keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi  zoom dibandingkan aplikasi video conference lainnya.

Pemanfaatan   media   dalam   pembelajaran,   digunakan   sebagai   alat  bantu untuk menjelaskan materi-materi yang bersifat   abstrak,   teoritis   dan diperlukan visualisasi. Diharapkan materi yang abstrak dapat diwakilkan dengan tampilan pada presentasi. Hal ini dikarenakan, penggunaan media pembelajaran dapat memvisualisasikan materi lebih menarik dan menjadi lebih mudah dimengerti oleh siswa. 

Ada beberapa aplikasi yang bisa   kita   andalkan   untuk media pembelajaran yang   berfungsi   sebagai   alat presentasi. Salah satu aplikasi  terbaru  yang memiliki tampilan  fresh, unik, menarik,  dan  memiliki kecanggihan dalam memperbesar serta memperkecil tampilan adalah zooming.

Kegiatan Zoom Metting

Meneima materi ajar dengan menggunakan media pembelajaran zoomingpresentation dapat dilakukan secara linier maupun non linier yang memiliki kekhasan dalam mengeksplorasi materi ajar. Media pembelajaran Prezi Desktop merupakan media pembelajaran zooming presentation dilengkapi dengan integrasi multimedia, sehinggadapat memadukan antara video, gambar maupun animasi. Menurut Settle, dkk zooming presentation memungkinkan pengguna untuk memperbesar (zoom out) dan memperkecil (zoom in) konsep yang akan dijelaskan. Media pembelajaran zooming presentation dibuatmenggunakan aplikasi prezi desktop yang menampilkan presentasi dengan format berbeda dengan tampilan pada umumnya.

Zoom adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet. Selain untuk presentasi, zoomjuga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi Desktop menjadi unggul karena program ini menggunakan Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna prezi desktop untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi.

Zoom digunakan sebagai alat untuk membuat presentasi dalam bentuk linier maupun nonlinier, yaitu presentasi terstruktur sebagai contoh dari presentasi linier, atau presentasi berbentuk peta-pikiran (mind-map) sebagai contoh dari presentasi nonlinier. Pada prezi teks, gambar, video, dan media presentasi lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi, dan dapat dikelompokkan menggunakan bingkai-bingkai yang dibuat sendiri. Pengguna kemudian menentukan ukuran relatif dan posisi antarasemua objek presentasi dan dapat mengitari serta menyorot objek-objek tersebut. Untuk membuat presentasi linier, penggunaan dapat membangun jalur navigasi presentasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Zoom merupakan aplikasi yang menyediakan layanan konferensi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, pertemuan online, obrolan, hingga kolaborasi seluler. Aplikasi ini banyak digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh.


Zoom sebagai media pembelajaran daring 

Zoom Video Communications, Inc. ( Zoom ) merupakan aplikasi buatan Amerika yang menyediakan layanan videotelephony dan chat online melalui platform perangkat lunak, menjadi banyak digunakan pada saat presentasi atau pada saat diskusi mengenai materi pembelajaran selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berlangsung. 

Aplikasi Zoom mengalami peningkatan pengguna dikarenakan adanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sebelumnya pengguna aktif 2019 yang berjumlah 1,99 juta pengguna, kemudian Pada Februari 2020 Zoom telah memperoleh 2,22 juta pengguna yang kemudian pada hari ini 29 april 2020 zoom telah di download pada lebih dari 100 juta pengguna. Peningkatan pengguna disebabkan oleh banyaknya  keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi  zoom dibandingkan aplikasi video conference lainnya.


Keunggulan aplikasi Zoom

Keunggulan yang dimiliki zoom antara lain adalah terdapat fitur Share Screen untuk dapat menampilkan Slide yang dapat dilihat oleh seluruh peserta yang hadir. Fitur Share Screen ini sangat mempermudah dalam melaksanakan presentasi pada saat kuliah online. Aplikasi Zoom ini juga memberikan kesempatan kepada salah satu peserta untuk menjadi pemimpin (host) yang dapat dengan mudah memulai video dan  menerima permintaan user yang ingin bergabung pada Konferensi meeting yang sedang berlangsung. 

Aplikasi Zoom ini mendukung hingga 100 peserta dalam satu pertemuan. selanjutnya, peserta juga dapat melakukan Chat kesemua user atau juga keuser lain secara Private, bisa juga dipergunakan untuk berbagi arsip, dan file terintegrasi yang dapat tersimpan sampai dengan 10 tahun lamanya. 

Fitur ini dapat  dimanfaatkan pada sesi tanya jawab yang diadakan oleh kelompok. Kemudian, terdapat fitur Recording Video Call yang memungkinkan semua diskusi dapat direkam dan disimpan oleh masing-masing akun Cloud milik peserta dengan berbagai jenis format seperti MP4, M4A, bahkan M3U atau jika video rekaman  akan di publikasikan secara umum dapat diedit agar lebih baik.

Terdapat juga Fitur Penjadwalan yang sangat berguna bagi dosen ataupun mahasiswa untuk memudahkan dalam mengatur jadwal pertemuan dalam Pembelajaran Jarak Jauh, agar meeting dapat dilakukan secara lebih terjadwal. Jika latar belakang dirasa kurang menarik atau kurang cocok, Zoom sendiri juga memiliki fitur Virtual Background yang dapat memudahkan pengguna dalam mengubah latar belakang yang dapat dipilih sesuai selera. 

Selain itu terdapat juga fitur Touch Up My Appearance yanh dapat berfungsi untuk memperbaiki tampilan wajah, seperti menghaluskan kulit wajah atau memutihkan warna kulit, agar penampilan wajah dapat terlihat semakin menarik. Kelebihan lainnya adalah Tampilan Video dan Audio yang HD atau High Definition dan dapat mempertahankan kualitas video dan audio walaupun koneksi internet sedang  tidak stabil. Keunggulan Zoom yang terpenting adalah memberikan kemudahan akses secara gratis bagi penggunanya.

Selain itu, cara penggunaan pada aplikasi zoom pun cukup mudah, yaitu dengan membuka aplikasi Zoom Us, kemudian jika anda tidak ingin mendaftarkan email, anda dapat langsung memilih Menu JOIN A MEETING, selanjutnya masukkan ID meeting sebanyak 11 digit angka dan password yang akan diberikan oleh host atau anda dapat masuk menggunakan link, kemudian klik JOIN, setelah anda berhasil masuk ke dalam video, anda dapat memilih JOIN CONFRENCE WITH AUDIO untuk dapat mendengarkan suara peserta. Karena banyak keunggulan yang dimiliki dan cara menggunakannya yang mudah, maka aplikasi Zoom layak untuk dipertimbangkan.


Kelemahan aplikasi Zoom 

Selain memiliki beberapa kelebihan, aplikasi zoom pun memiliki beberapa kelemahan yang dapat berakibat pada turunnya angka pengguna aplikasi ini. Kelemahan Zoom antara lain adalah aplikasi ini cukup memakan banyak kuota internet atau dapat dikatakan boros Kuota. Hal itu dikarenakan proses meeting dalam aplikasi Zoom menggunakan Video dan Audio yang HD atau High Definition. 

Kemudian, durasi video conferencing Zoom dibatasi hanya sampai 40 menit pada fitur gratisnya, pembatasan waktu ini dinilai cukup mengganggu peserta, karena jika melebihi waktu yang telah ditentukan, maka peserta harus memulai meeting kembali seperti semula. Fitur berbayar yang ditawarkan juga tergolong mahal,  untuk paket termurah yang ditawarkan Zoom adalah paket Enterprise Plus dengan harga mulai dari $19,99 per bulan. 

Kelemahan Zoom yang sangat merugikan adalah dari segi kemanannya. Kelemahan ini cukup merugikan banyak pihak alhasil terdapat gugatan yang dilayangkan oleh salah satu pemegang saham Zoom Video Communications, Michael Drieu, pada Selasa 7 April 2020. Alasannya, aplikasi zoom telah "melebih-lebihkan standar privasi" dan gagal mengungkapkan bahwa layanannya tidak dienkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encryption) alias tidak aman. sistem keamanan end to end encryption (enkripsi dari ujung-ke-ujung) yaitu sebuah sistem komunikasi digital yang dirancang agar orang yang menerima pesan atau konten hanyalah pihak-pihak yang berhak menerimanya.

Kemudian, Menurut laporan Wired, Zoom saat ini mengelola dan menyimpan semua kunci dalam enkripsi data pengguna dan infrastruktur cloud-nya sendiri, sehingga data tidak bisa terlindungi dengan maksimal. Akan menjadi semakin rawan jika di dalam ponsel disimpan data data penting dan sensitif, seperti nomor rekening bank termasuk PIN ATM, nomor asuransi, nomor induk kependudukan (NIK) hingga password transaksi bank.

Selain itu, seorang peneliti keamanan menemukan kalau webcam pengguna Zoom bisa dibajak tanpa diketahui dan berdasarkan laporan pengguna menyebut bahwa data wajah yang terekam di aplikasi ini bisa digunakan untuk menargetkan iklan tertentu. Berdasarkan kelemahan dalam sistem keamanan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sistem keamanan Zoom juga tidak dirancang untuk melindungi pembicaraan penting, seperti pada rapat pemerintah, industri strategis dan rapat rahasia lainnya.


Kasus Kasus kerugian akibat lemahnya keamanan Zoom 

Akhir - akhir ini terdapat beberapa kasus berupa kerugian yang dialami oleh para pengguna Zoom. Salah satunya, pada saat Rapat Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) yang dilakukan lewat aplikasi konferensi video Zoom dimasuki oleh penyusup. Penyusup kemudian menampilkan gambar yang tidak senonoh. Kejadian ini kemudian menjadi populer dengan sebutan Zoombombing. 

Zoombombing adalah hadirnya orang asing ikut dalam rapat tanpa diundang, yang kemudian berpotensi menyebarkan gambar tidak senonoh atau ujaran kebencian disertai ancaman. Kasus lain berikutnya yaitu, Pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan 500 ribu akun pengguna Zoom yang dijual di dark web. 

Cyble, dalam pengakuan ke BleepingComputer, mengatakan telah membeli data login dari 530.000 akun Zoom dengan harga 0,0020 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 31 per akun. Data-data yang dijual di Dark Web itu disebut milik akun-akun dari institusi perbankan, keuangan, serta lembaga pendidikan. 

Ada juga akun-akun Zoom dari perusahaan ternama AS seperti Chase dan Citibank. selain itu, Zoom versi iOS diketahui telah mengekspos data pengguna ke Facebook, tanpa pemberitahuan dan persetujuan pengguna Zoom di iOS. Selanjutnya, berdasarkan laporan dari Trend Micro, diketahui saat ini tersebar installer Zoom yang berisikan malware berbahaya. Malware-malware yang disebarkan melalu installer palsu tersebut antara lain adalah Coinminers, Remote Access Trojans, dan juga beberapa Adware.

Berdasarkan kasus kasus yang sudah banyak beredar, beberapa negara kemudian menghimbau untuk mengurangi pemakaian zoom, bahkan sejumlah negara mulai melarang penggunaan layanan Zoom baik di instansi pemerintah maupun secara nasional. Negara - negara yang melarang penggunaan aplikasi Zoom antara lain Amerika Serikat, Singapura, Taiwan, dan Jerman.


Solusi terkait permasalahan 

Sebagai pemilik platform, Zoom menyadari ada persoalan Zoombombing. Zoom kemudian meminta maaf atas kebingungan yang terjadi, namun zoom mengaku menggunakan enkripsi untuk melindungi konten pengguna dalam berbagai skenario. Pihak Zoom sendiri mencoba memberi tanggapan dan menangani masalah yang terdapat pada aplikasinya. 

Pendiri dan selaku CEO, Eric Yuan, telah menyatakan tidak akan ada penambahan fitur baru di Zoom selama 90 hari untuk memperbaiki isu-isu privasi dan keamanan. "Zoom sendiri sebenarnya sudah memberikan update yang cukup krusial, namun kemungkinan belum banyak diketahui penggunanya. Seperti fitur enable waiting room, jadi peserta harus mendapatkan approval terlebih dahulu saat mau masuk ke meeting," tutur Pratama. setelah adanya fitur enable waiting room diharapkan host lebih teliti lagi untuk memperbolehkan peserta yang ingin bergabung. "Adminnya harus aktif ngejagain siapa yang masuk. 

Kan sebelum masuk ada waiting room sebelum di-approved. Kemungkinan admin menyetujui siapapun yang mau masuk," kata Alfons. Solusi lain adalah saat menyalakan kamera, para ahli menyarankan pengguna untuk menutup gambar latar belakang atau menggunakan background pengganti. 

Sehingga pengguna lain tidak bisa memantau situasi atau aktivitas yang terjadi di belakang pengguna. Kemudian, Fielding menyarankan untuk menggunakan alamat email unik khusus untuk Zoom, menghapus cookie, hingga memblokir riwayat setelah melakukan pencarian. Selain Zoom juga terdapat aplikasi  video conference yang dapat dimanfaatkan, seperti Google Hangsouts Meet, Skype, Whatsapp, Facetime, Cisco Webex, dan aplikasi serupa lainnya.

Solusi terpenting adalah sebagai pengguna ponsel, kita disarankan untuk lebih hati - hati dalam memberikan izin terhadap aplikasi - aplikasi dalam Playstore yang diunduh, karena beberapa aplikasi meminta izin untuk mengakses kontak, SMS, penyimpanan file di ponsel, dan meminta izin untuk mengakses mikrofon bahkan kamera. Dikarenakan pengembang aplikasi dapat berpotensi menyalahgunakan akses mereka pada ponsel pengguna.

Demikianlah artikel singkat tentang Mengenal Media Pembelajaran Aplikasi Zoom. Semoga Artikel tentang Aplikasi Zoom ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung kembali diblog visiuniversal ini. Semoga sukses selalu.

Source :

- https://blog.zoom.us/zoom-for-education-top-10-frequently-asked-questions/

- https://media.neliti.com/media/publications/

- https://elearnmag.acm.org/featured.cfm?aid=3236697



Demikianlah Artikel MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ZOOM

Sekianlah artikel MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ZOOM kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.Jika berkenan Mungkin Kalian Dapat Membagikan Postingan Kami 😊


Anda sekarang membaca artikel MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ZOOM dengan alamat link https://www.bleedblackandgold.com/2020/04/mengenal-media-pembelajaran-aplikasi.html
Lebih baru Lebih lama