PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA : UNIVERSITAS INDONESIA (UI) JAKARTA

Daftar Isi [Tampilkan]

PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA : UNIVERSITAS INDONESIA (UI) JAKARTA - Hallo sahabat BlackandGold, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA : UNIVERSITAS INDONESIA (UI) JAKARTA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TentangInfo Pendidikan, Artikel TentangPendidikan Tinggi, yang kami tulis ini dapat anda dipahami. baiklah, selamat membaca.



#: PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA : UNIVERSITAS INDONESIA (UI) JAKARTA
#: PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA : UNIVERSITAS INDONESIA (UI) JAKARTA

Baca juga

PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA : UNIVERSITAS INDONESIA (UI) JAKARTA

Visiuniversal-----Buat kalian para siswa dan warga belajar yang sudah melewati tahap akhir perjalanan sekolah lanjutan tingkat atas (SMA) dan ingin melajutkan pendidikan ke perguruan tinggi, atau universitas di Indonesia. Jika kalian mencari-cari alamat lengkap peguruan tinggi atau universitas di Indonesia, untuk melanjutkan kuliah diperguruan tinggi yang kalian inginkan, berikut perguruan tinggi Universitas Indonesia (UI).


Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Cikal-bakal terbentuknya Universitas Indonesia adalah ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan yang memegang sertifikat untuk melakukan perawatan-perawatan tingkat dasar serta mendapatkan gelar Dokter Jawa (Javanese doctor). Secara resmi Universitas Indonesia memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini disebut rektor) pertamanya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Kantor Presiden Universitas Indonesia mula-mula berkedudukan di Jakarta, di gedung Fakultas Kedokteran di Jl Salemba Raya no. 6, kemudian dipindahkan ke Jl. Salemba Raya no. 4, Jakarta. Tanggal 2 Februari 1950 dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia.

Kampus

Secara geografis, posisi kampus UI berada di dua area berjauhan, kampus Salemba dan kampus Depok. Mayoritas fakultas berada di Depok dengan luas lahan mencapai 320 hektar dengan atmosfer green campus karena hanya 25% lahan digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kemahasiswaan. 75% wilayah UI bisa dikatakan adalah area hijau berwujud hutan kota di mana di dalamnya terdapat 6 danau alam.

Cikini

Kampus UI Cikini terletak di daerah Cikini, Jakarta Pusat.[25] Kampus yang berada tepat di depan Stasiun Cikini ini digunakan oleh Program Pascasarjana Fakultas Administrasi dan Kedokteran komunitas.

Salemba

Kampus UI Salemba terletak di daerah Salemba, Jakarta Pusat.[25] Fakultas yang berada di kampus ini adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan beberapa Program Pascasarjana Multidisplin, program Ekstensi dan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi, serta laboratorium Fakultas Teknik. Khusus untuk Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi program S1/sarjana sejak 2013 lalu telah pindah ke kampus utama UI Depok untuk urusan akademis sedangkan urusan administrasi tetap di Salemba, Jakarta Pusat.

Depok

Kampus utama UI Depok, terletak di perbatasan antara kota madya Jakarta Selatan dengan Kota Depok, Jawa Barat, dibangun pada pertengahan tahun 1980-an untuk mengakomodasi modernisasi universitas menuju visi UI universitas riset kelas dunia. Saat ini, Kampus Depok adalah kampus utama Universitas Indonesia. Sebagian besar fakultas di UI (MIPA, Teknik, Psikologi, Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ilmu Komputer, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Ilmu Administrasi) berada di sini dan sejak 2013, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi pun telah pindah ke Depok untuk urusan akademis dan proses perkuliahan.

Kampus utama UI Depok dilewati oleh rel kereta rel listrik (KRL/commuter line) Jakarta-Bogor sehingga mahasiswa mendapatkan kemudahan transportasi dengan adanya 2 stasiun di lingkungan kampus yaitu Stasiun UI dan Stasiun Pondok Cina.

Perpustakaan Pusat Universitas juga terletak di sini. Selain itu terdapat pula berbagai fasilitas lain seperti Pusat Administrasi Universitas, Pusat Kegiatan Mahasiswa, Gymnasium, stadion, lapangan hoki, penginapan (Wisma Makara), agen perjalanan Makara Tour & Travel, dan Asrama Mahasiswa Universitas Indonesia. 


Fasilitas

Makara Art Centrum 
Masjid Ukhuwah Islamiyah di tengah kampus.
Berlokasi berdekatan dengan Masjid Ukhuwah Islamiyah, Makara Art Centrum merupakan sarana dan fasilitas yang berfungsi sebagai tempat pagelaran seni dan budaya bagi sivitas akademika UI. Pembukaan gedung ini telah dilakukan melalui acara prapeluncuran Gedung Makara Art Centrum pada Agustus 2017. 

Integrated Faculty Club

Integrated Faculty Club adalah tempat sarana olahraga dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat dipergunakan oleh masyarakat umum. Berlokasi di area luar kampus yang berdekatan dengan restoran Mang Engking, IFC dapat digunakan untuk keperluan even-even MICE seperti lokasi meeting dan gathering perusahaan, juga venue pernikahan. Sejak tahun 2017, Faculty Club dikelola bersama dengan perusahaan properti Relife Property dengan nama Felicity Festival. 

Perpustakaan

UI memiliki perpustakaan dengan luas bangunan 30.000 m2 serta terdiri atas delapan lantai dengan slogan "Crystal of Knowledge". Pemancangan tiang perdana dilakukan Senin, 1 Juni 2009 dan ditargetkan pembangunnya selesai pada Desember 2009. Perpustakaan UI tersebut dirancang dengan konsep "sustainable building" yang mana kebutuhan energi menggunakan sumber terbarukan yakni energi matahari (solar energy) selain itu di dalam gedung tidak diperbolehkan menggunakan plastik. Area baru tersebut bebas asap rokok, hijau serta hemat listrik, air, dan kertas. Perpustakaan pusat UI tersebut akan mampu menampung sekitar 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau sekitar 20.000 orang per hari selain itu juga akan menampung 3-5 juta judul buku. Perpustakaan ini terbuka juga untuk umum. Perpustakaan UI juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toko souvenir, tempat makan, tempat ibadah, hingga fasilitas penunjang mahasiswa seperti fotokopi, dan kantor pos.

Asrama

UI memiliki dua asrama, yaitu Asrama Mahasiwa UI Depok dan Asrama Mahasiswa UI Wismarini. Asrama pertama terletak di kampus Depok, dengan kapasitas 480 kamar putra dan 615 kamar putri, yang setiap kamarnya dapat diisi satu hingga tiga orang. Sementara Asrama yang lain terletak di Jl. Otto Iskandardinata no. 38 Jakarta Timur dengan kapasitas 72 kamar putra dan 111 kamar putri. Asrama Mahasiswa UI Wismarini ini khusus disediakan bagi mahasiswa yang kuliah di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan program lain yang berada di kampus UI Salemba. 

Balai Mahasiswa

Balai mahasiswa UI Salemba merupakan salah satu fasilitas yang ada di bawah koordinasi Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni. Gedung berkapasitas 300 orang ini sering digunakan untuk berbagai kegiatan seperti seminar, rapat, dan lain-lain. Selain untuk para mahasiswa dan warga UI, gedung ini juga disewakan untuk umum. 

Fasilitas dan sarana olahraga

Fasilitas dan sarana olahraga yang dimiliki oleh UI antara lain:
  • Stadion
  • Lapangan sepak bola & futsal
  • Lompat jangkit
  • Atletik
  • Indoor (gymnasium)
  • Lapangan bulu tangkis
  • Lapangan bola voli
  • Lapangan bola basket
  • Outdoor
  • Lapangan hoki
  • Lapangan tenis (4 line)
  • Lapangan basket (3 line)
  • Lapangan voli (3 line)
  • Lapangan bulu tangkis (1 line).


Pusat Kegiatan Mahasiswa

Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) UI merupakan tempat berbagai kegiatan mahasiswa UI. Disini terdapat sekretariat berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada di UI. Selain itu, terdapat pula berbagai fasilitas yang dapat dipergunakan oleh para mahasiswa UI. Fasilitas itu antara lain aula yang dapat menampung kurang lebih 300-400 orang. Pada bulan Juni 2014, Direktorat Kemahasiswaan UI merencanakan melakukan pengembangan gedung Pusgiwa bersamaan dengan pembangunan gedung baru Direktorat Kemahasiswaan melalui pembangunan berbagai fasilitas lainnya, terutama untuk menunjang kemungkinan adanya unit-unit kegiatan mahasiswa yang baru. Namun, pembangunan terkendala anggaran dan diundur penyelesaiannya hingga diperkirakan pertengahan tahun 2018.


Wisma Makara

Wisma Makara terletak di sebelah Asrama Mahasiswa UI Depok. Tempat ini digunakan sebagai sarana akomodasi di daerah Jakarta Selatan dan kota Depok, dan sering digunakan untuk kegiatan seperti seminar, pelatihan, lokakarya, dan lain-lain. 

Klinik Satelit

Tujuan sarana ini untuk melayani beberapa kebutuhan penting mahasiswa yaitu: kegiatan mahasiswa dan sivitas Universitas Indonesia yang memerlukan obat-obatan dan tenaga medis, Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru, Poliklinik, Apotek, Bimbingan Konseling Mahasiswa. 

Bus kampus

Bus kampus disediakan gratis untuk melayani kebutuhan transportasi mahasiswa di dalam kampus UI Depok. Namun, bus ini dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar secara gratis yang menggunakan bus kampus sebagai sarana transportasi sebagai penghubung antara area kukusan dengan area Margonda. Di kalangan warga UI, bus ini lebih dikenal dengan sebutan Bis Kuning (Bikun), karena bus ini memiliki warna dominan kuning. Hingga tahun 2005, UI telah memiliki 20 unit Bus Kampus. Bus-bus tersebut secara rutin akan melayani 2 rute yang ada di dalam kampus pada hari Senin-Jumat, mulai pukul 07.00-22.00. Sementara pada hari Sabtu hanya sampai pukul 17.00 WIB dan libur pada hari minggu. Kedua rute tersebut ialah rute merah dan rute biru. Penanda rute merah dan rute biru dapat dilihat pada kertas warna yang tertempel di kaca depan setiap bis kuning. Adapun halte-halte yang dilalui sebagai berikut: 

Halte Asrama Mahasiswa
  • Halte Gerbang Utama/Gerbatama (interkoneksi dengan Feeder TransJakarta Rute UI - St. Manggarai)
  • Halte Stasiun UI (interkoneksi dengan KRL Icon Red.svg KRL Icon Yellow.svg KAI Commuter Jabodetabek)
  • Halte Fakultas Hukum
  • Halte PLK/Pondok Cina (interkoneksi dengan KRL Icon Red.svg KRL Icon Yellow.svg KAI Commuter Jabodetabek)
  • Pemberhentian RIK UI (halte seberang jalan)
  • Halte Rumah Sakit UI
  • Halte Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 1
  • Halte Politeknik Negeri Jakarta
  • Halte Program Vokasi
  • Halte Fakultas Teknik/Gerbang Kukusan Teknik/Gedung Klinik Satelit UI
  • Halte Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2
  • Pemberhentian Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, FISIP, dan Fakultas Psikologi (halte di seberang jalan)
  • Pemberhentian Stasiun UI (lagi) (halte di seberang jalan)
  • Halte Resimen Mahasiswa
  • Kembali Asrama Mahasiswa UI.


Rute Merah

Rute Merah berangkat pertama dari Halte Bis Kuning Asrama Mahasiswa UI kemudian melewati Jalan Prof. Dr. Miriam Budiardjo Jalan Ir. R.M. Pandji Soerachman, Jalan Prof. Dr. Mr. Supomo, Jalan Dr. R. Slamet Iman Santoso, Jalan Prof. Dr. Sumitro Djokohadikusumo, Jalan Prof. Dr. Ir. Somantri Brodjonegoro, Jalan Prof. Dr. Sudjono D. Pusponegoro, Jalan Prof. Dr. Bahder Djohan, dan Jalan Prof. Mr. Dojokosoetono. Bis kuning berhenti terakhir kembali di Halte Asrama Mahasiswa UI. Adapun halte-halte yang dilalui berdasarkan urutannya:

Halte Asrama Mahasiswa
  1. Halte Gerbang Utama/Gerbatama (interkoneksi dengan Feeder TransJakarta Rute UI - St. Manggarai)
  2. Halte Stasiun UI (interkoneksi dengan KRL Icon Red.svg KRL Icon Yellow.svg KAI Commuter Jabodetabek)
  3. Halte Fakultas Psikologi
  4. Halte FISIP
  5. Halte Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
  6. Halte Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1
  7. Halte Fakultas Teknik
  8. Halte Stadion/Pusat Kegiatan Mahasiswa (Bawah)/PNJ 2
  9. Halte Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2
  10. Halte Fakultas Kesehatan Masyarakat
  11. Halte Rumpun Ilmu Kesehatan
  12. Halte Taman Balairung
  13. Halte Masjid Ukhuwah Islamiyah/Perpustakaan Pusat
  14. Pemberhentian Fakultas Hukum (halte di seberang jalan)
  15. Pemberhentian Stasiun UI (lagi) (halte di seberang jalan)
  16. Halte Resimen Mahasiswa
  17. Kembali Asrama Mahasiswa UI

Sepeda kampus

UI menyediakan fasilitas peminjaman sepeda kepada mahasiswanya melalui Program Sepeda Kuning. Sepeda dapat digunakan oleh mahasiswa dengan cara menunjukkan KTM ke petugas yang menjaga. Sepeda dapat digunakan sepuasnya, tetapi tidak boleh keluar dari jalur sepeda yang telah disediakan. Sepeda juga boleh dikembalikan di terminal mana saja. Jadi apabila mahasiswa meminjam sepeda dari terminal sepeda Fisip, mahasiswa tersebut boleh mengembalikan sepeda yang dipinjam ke terminal FIB atau terminal mana saja yang ada di UI. Untuk mengembalikan sepeda, caranya sama dengan meminjam yakni dengan menunjukkan KTM ke petugas penjaga. Sepeda kampus melayani mahasiswa dari Pagi hingga pukul 17.00 WIB. 

Demikian sekilas tentang Universitas Indonesia (UI).semoga bermanfaat. Terimakasih.




Sumber
- https://www.ui.ac.id/
- https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Indonesia


Demikianlah Artikel PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA : UNIVERSITAS INDONESIA (UI) JAKARTA

Sekianlah artikel PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA : UNIVERSITAS INDONESIA (UI) JAKARTA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.Jika berkenan Mungkin Kalian Dapat Membagikan Postingan Kami 😊


Anda sekarang membaca artikel PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA : UNIVERSITAS INDONESIA (UI) JAKARTA dengan alamat link https://www.bleedblackandgold.com/2020/06/perguruan-tinggi-di-indonesia_25.html
Lebih baru Lebih lama