CARA MUDAH MEMBUAT FOLDER GOOGLE DRIVE UNTUK PEMULA

Daftar Isi [Tampilkan]

CARA MUDAH MEMBUAT FOLDER GOOGLE DRIVE UNTUK PEMULA - Hallo sahabat BlackandGold, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MUDAH MEMBUAT FOLDER GOOGLE DRIVE UNTUK PEMULA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TentangBahan Belajar, Artikel TentangTeknologi, Artikel TentangTIK Komputer, yang kami tulis ini dapat anda dipahami. baiklah, selamat membaca.



#: CARA MUDAH MEMBUAT FOLDER GOOGLE DRIVE UNTUK PEMULA
#: CARA MUDAH MEMBUAT FOLDER GOOGLE DRIVE UNTUK PEMULA

Baca juga

CARA MUDAH MEMBUAT FOLDER GOOGLE DRIVE UNTUK PEMULA

Visiuniversal----Warga-belajar-siswa dan permirsa sekalian, Google Drive yang merupakan salah satu fasilitas akun google, dianggap platform penyimpanan cloud terbaik yang saat ini sudah populer dan dikenal masyarakat luas.

Pemakaiannya pun terbilang sangat mudah untuk yang sudah mengerti IT secara umum, karena untuk mengaksesnya kita hanya butuh gmail saja. Platformnya bisa dibuka melalui browser maupun aplikasi.

Kapasitas dan muatan yang diberikan juga cukup besar. Yakni 15GB, sehingga cocok untuk mendukung kegiatan manajeman Data, file dan Dokumen seperti :

  • Backup supaya tidak perlu khawatir akan hilang data.
  • Berbagi data ke teman dengan cepat
  • Sekedar menyimpan data
  • Dan lain-lain.

Desain Google Drive kurang lebih mirip seperti File Manager. Kita bisa mengatur data yang kita simpan, dan menghapus file tersebut kalau diperlukan.

15GB mmembuat kita bisa memuat berbagai data file dan dokumen tadi, baik berupa hasil ketikan dokumen hingga file gambar dan video yang banyak bisa kita upload di google drive ini. Nah, tapi semakin banyak data, tentu akan semakin susah juga manage-nya supaya rapih bukan? Buat pemula dan belum tahu, ternyata kita bisa lho mengaturnya ke dalam folder-foldel seperti halnya pengaturan Foldel Windows di Laptop anda. Terkait hal inilah yang akan kita bahas di sini.

Sekilas Folder Google Drive

Secara umum, pengertian folder adalah suatu tempat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan dokumen atau bahkan folder lain yang berisi file-file. Istilah ini sering digunakan dalam bidang kearsipan dan komputer. Dalam bidang kearsipan, folder adalah tempat untuk menempatkan arsip atau sekelompok arsip di dalam file. Folder umumnya berwujud lembaran berlipat seperti map yang terbuat dari bahan kertas atau karton manila.

Dalam bidang komputer, pengertian folder adalah tempat untuk menyimpan atau menampung berbagai file di dalam komputer, baik itu file data, file dokumen, dan file sistem.

Pada perangkat komputer, secara default folder di dalam komputer ditunjukkan dengan gambar atau ikon kecil berbentuk map  atau amplop coklat.

Folder berisi file-file (baca: pengertian file) berupa gambar, teks, angka, video, program, slide dan jenis file lainnya. Jika tidak ada folder, mungkin file-file yang tersimpan di komputer tidak tertata dengan baik dan cenderung berkumpul menjadi satu. Oleh karena itu, penggunaan folder dapat membantu memudahkan untuk mengarsipkan data.

Mengacu pada pengertian folder tersebut, bagi seseorang yang berkerja di bagian atau bidang administrasi tentu menggunakan folder sudah menjadi keharusan untuk mengelompokan dokumen sesuai dengan isinya.

Nah, Folder merupakan salah satu fitur yang terdapat di Google Drive. Berfungsi supaya kita bisa mengatur data-data yang diinginkan sesuai kelompoknya, sederhananya supaya bisa dibuat semacam kategori untuk File yang akan kita susun dan simpan.

Folder merupakan salah satu fitur yang terdapat di Google Drive. Berfungsi supaya kita bisa mengatur data-data yang diinginkan, sederhananya supaya bisa dibuat semacam kategori.

Misalnya:

Data-data A berada di folder A

Data-data B berada di folder B

Data-data C berada di folder C  dan seterusnya......
dan seterusnya. 

Dengan demikian akan mempermudah kita saat mencari file-file tertentu.

Fitur folder ini menurut saya wajib dipakai untuk Anda yang sering menyimpan file di Google Drive. Terutama jika Anda pekerja kantoran, atau mahasiswa yang memiliki banyak data dokumen.


Cara Membuat Folder di Google Drive

Untuk membuat folder di Google Drive saya bagi menjadi dua caranya. Yakni:

  1. Melalui PC atau laptop
  2. Melalui Smartphone (Saya pakai Android)

Untuk melalui PC atau laptop kita bisa mengaksesnya melalui browser yang telah tersedia terinstal PC atau laptop kita. Sedangkan melalui HP Android, cukup langsung melalui aplikasi Google Drive-nya (Ada di Playstore).


1. Cara Membuat Folder di Google Drive (PC / Laptop)

Yang pertama melalui PC atau laptop. Kalau Anda sedang melakukan backup data atau ingin menyimpan file dokumen ke Google Drive.


Maka yang pertama saya sarankan untuk dilakukan ialah membuat terlebih dahulu foldernya. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:


1. Silakan buka dulu drive.google.com. Pastikan akun gmailnya sudah masuk ya.


2. Klik menu Drive Saya di bagian kiri



3. Kalau sudah, lanjut klik kanan > Lalu pilih opsi Folder Baru


4. Beri nama folder yang Anda inginkan


5. Kalau sudah, tekan tombol Buat. Maka folder tersebut akan tersimpan di Google Drive Anda


Nah, untuk memasukkan data atau file yang diinginkan ke folder tersebut, cukup tekan dan tahan file-nya kemudian geser ke folder. Kalau sudah, maka file tersebut akan dipindah.



Cara Praktis Membuat Folder Google Drive Untuk Banyak Data File

Sebenarnya ada satu cara lagi yang lebih simpel, yang cocok kalau Anda ingin mengupload banyak file sekaligus.

Silakan satukan semua file ke dalam satu folder (di komputer)

Buka halaman Drive Saya di Google Drive

Klik kanan > Lalu silakan pilih Upload Folder

Selanjutnya silakan upload folder di sana.

Nanti semua data yang ada di folder tersebut akan ikut diupload juga dan sekaligus dibuatkan folder secara otomatis di Google Drive. Sehingga lebih praktis dan menghemat banyak waktu. Silakan di coba !!


2. Cara Membuat Folder Google Drive Melalui HP-Smartphone

Di Handphone atau Smartphone Android,  Membuat Folder Google Drive kurang lebih sama. Disini admint mencoba memberikan tutorial yang mudah, mulai dari awal untuk pemula, kita memakai aplikasi Google Drive yang bisa langsung didapatkan di Playstore. Walaupun sebenarnya untuk Smartphone biasanya diawal pertama kali kita membeli sudah terinstal otomatis saat kita diminta membuat akun google.


Nah untuk yang belum punya 
aplikasi Google Drive Di Handphone atau Smartphone Androidnya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Silakan install terlebih dahulu aplikasinya (unduh-download di Playstore)

Kalau sudah, lanjut buka

Klik tombol tambah

Pilih icon folder

Beri nama folder sesuai keinginan, kemudian tekan tombol buat

Selesai. Untuk memindahkan file ke folder tersebut, silakan tekan filenya kemudian pilih Pindahkan. Nanti tinggal atur saja selanjutnya.


Demikianlah tentang Cara Mudah Membuat Folder Google Drive, baik Melalui Komputer (PC/Laptop) maupun HP-Smartphone Android. Semoga bermanfaat. Terimakasih. Sukses selalu. 



Demikianlah Artikel CARA MUDAH MEMBUAT FOLDER GOOGLE DRIVE UNTUK PEMULA

Sekianlah artikel CARA MUDAH MEMBUAT FOLDER GOOGLE DRIVE UNTUK PEMULA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.Jika berkenan Mungkin Kalian Dapat Membagikan Postingan Kami 😊


Anda sekarang membaca artikel CARA MUDAH MEMBUAT FOLDER GOOGLE DRIVE UNTUK PEMULA dengan alamat link https://www.bleedblackandgold.com/2020/10/cara-mudah-membuat-folder-google-drive.html
Lebih baru Lebih lama