12 Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Daftar Isi [Tampilkan]

12 Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh - Hallo sahabat BlackandGold, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 12 Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TentangIlmu Pengetahuan Alam, Artikel TentangPengembangan Diri, Artikel TentangPengetahuan Umum, yang kami tulis ini dapat anda dipahami. baiklah, selamat membaca.



#: 12 Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh
#: 12 Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Baca juga

12 Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Visiuniversal----Sahabat dan permirsa kita pasti mengenal  yang namanya pohon ketapang, biasanya kita melihat pohon ketapang di tanam dan tumbuh sebagai tanaman hias peneduh di taman atau di pinggir jalan. Pohon ketapang dapat tumbuh hingga setinggi 30 hingga 35 meter. Cabang-cabangnya cenderung tumbuh secara horizontal dan berjenjang dengan jarak sekitar 1 hingga 2 meter. Daunnya berukuran sedang hingga besar dan memiliki lebar hingga 24 centimeter. Pohon Ketapang atau Pohon yang dikenal dengan nama Latin "Terminalia Catappa" yang merupakan sinonim dari Terminalia moluccana Lamk, Terminalia procera Roxb, Terminalia Latofofia Blanco.  Menurut World Agroforestry Centre, asal-usul pohon ketapang pertama kali ditemukan di Australia, Kamboja, India, Jepang, Laos, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Namun, karena dipercaya memiliki banyak manfaat, pohon ketapang kini telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia.

Daun ketapang berwarna hijau tua, kasar, dan mengilap, tetapi berubah warna menjadi merah atau kuning saat memasuki musim gugur. Dan ketika telah kering jatuh ketanah daun ketapang berwarna coklat. Para penghobi ikan hias biasanya memanfaatkan daun ketapang kering ini untuk membuat rendaman air daun ketapang sebagai air untuk memelihara ikan hias khususnya ikan cupang atau Betta Fish. Air rendaman daun ketapang ini dipercaya memiliki kandungan PH yang baik, cocok untuk air aquarium tempat hidup ikan hias.


Daun pohon ketapang atau dikenal juga dengan nama Terminalia Catappa mengandung antioksidan yang tinggi dan memiliki sifat antiradang. Tidak hanya itu, daun ketapang juga memiliki kandungan flavonoid. Senyawa ini dikenal baik untuk melindungi tubuh dari berbagai macam jenis penyakit. 

Selain bermafaat untuk Ikan hias, daun ketapang juga bermanfaat untuk kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun ketapang untuk kesehatan tubuh manusia:


1. Melawan Pertumbuhan Kanker

Daun ketapang memiliki sifat antikarsinogenik. Senyawa tersebut disinyalir dapat menurunkan kemungkinan terbentuknya sel kanker di dalam tubuh.

Terdapat sebuah dugaan bahwa ekstrak air daun ketapang memiliki potensi menekan kanker paru-paru. Penelitian pada tikus menemukan adanya penurunan tumor sebesar 2,6 kali setelah 30 hari dipaparkan ramuan tersebut.


2. Menurunkan Diabetes

Pengujian ekstrak dari daun ketapang yang masih segar pada tikus menemukan fakta, daun ketapang dapat melawan efek negatif diabetes.

Peneliti mengamati penurunan kadar gula darah yang bergantung pada dosis 25 hingga 62 persen, dengan efek maksimum terlihat setelah 15 hari pengobatan.


3. Membantu Pengobatan Hepatitis

Daun ketapang berwarna cokelat dan bertekstur kering banyak digunakan untuk ikan hias dalam mengobati penyakit yang disebabkan oleh patogen.

Melasir dalam herbpathy, daun ketapang yang gugur dari pohonnya juga dapat digunakan untuk pengobatan hepatitis atau peradangan yang terjadi pada liver (hati).


4. Baik untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Daun ketapang diyakini memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Dengan demikian, risiko Anda terserang penyakit menjadi lebih minimal.


5. Mengobati Peradangan Sendi

Ekstrak daun Terminalia catappa digunakan secara topikal untuk meredakan penyakit Rheumatoid artritis alias radang sendi.

Teh yang terbuat dari daun ketapang juga diduga dapat menenangkan dan melemaskan sistem saraf. 


6. Menguatkan Tulang

Manfaat daun ketapang lainnya yang adalah dapat menyehatkan tulang. Sifat Antioksidan daun tersebut dapat mencegah kerusakan kromosom dan menunjukkan efek antiklastogenik. 


7. Mengobati Sakit Perut

Daun ketapang yang dijadikan jus disinyalir dapat mengatasi parasit yang ada di dalam usus.


8. Mengurangi Hipertensi

Salah satu manfaat daun ketapang adalah dapat mencegah hipertensi. Penderita hipertensi bisa mengandalkan daun ini untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi mereka. Caranya, yaitu dengan membuat ekstrak daun ketapang hingga menjadi minuman.


9. Menghilangkan Sariawan

Selain dapat merendahkan tekanan darah, khasiat daun ketapang lainnya adalah untuk menghilangkan sariawan. Sifat anti infeksi yang terkandung di dalam daun ketapang dapat membantu menyembuhkan sariawan dalam mulut yang sangat mengganggu. Cara memanfaatkannya sama seperti di atas, yakni dengan mengonsumsi ekstraknya.


10. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat daun Ketapang pun tidak berhenti di situ, Toppers! Daun ketapang juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit yang bisa merasakan manfaat daun Ketapang ini adalah gatal-gatal, kadas, dan juga kurap. Caranya adalah dengan mengambil sari pati daun ini lalu ditempelkan kepada bagian kulit yang bermasalah.


12. Melancarkan Pencernaan

Khasiat daun ketapang lainnya, yaitu untuk membantu mengobati masalah yang terjadi pada sistem pencernaan. Jika kamu terjangkit penyakit diare atau sembelit, cobalah menggunakan daun ketapang untuk membantu menyembuhkannya.


12. Meredakan Nyeri Haid

Tentunya rasa nyeri saat haid sering dirasakan oleh para wanita. Jika kamu salah satu diantara yang mengalami kondisi ini, kamu bisa mengurangi derita dengan memanfaatkan daun ketapang. Untuk bisa membuat obat dari bahan ini, kamu terlebih dulu harus mengolahnya menjadi minuman.

Jus dari daun ketapang muda juga banyak digunakan di Filipina untuk menyembuhkan sakit kepala dan sakit perut.

Demikianlah tentang beberapa manfaat daun ketapang untuk kesehatan dan kebugaran tubuh manusia, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung kembalil di blog Visiuniversal ini, semoga sukses selalu.



Demikianlah Artikel 12 Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Sekianlah artikel 12 Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.Jika berkenan Mungkin Kalian Dapat Membagikan Postingan Kami 😊


Anda sekarang membaca artikel 12 Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh dengan alamat link https://www.bleedblackandgold.com/2021/01/12-manfaat-daun-ketapang-bagi-kesehatan.html
Lebih baru Lebih lama